Friday, September 23, 2011

case study chapter 4


TOO MUCH TECHNOLOGY
Dalam kasus ini dikatakan bahwa teknologi seperti internet, televisi, komputer, smartphones, iPad, dan lain-lain mempunyai dampak positif dan juga dampak negatif. Dampak positif dari teknologi seperti, kita dapat dengan mudah mencari dan berbagai bermacam sumber informasi yang diperlukan. Pencarian di Wikipedia dan Google telah membantu organisasi-organisasi mencari pengetahuan mengenai dunia, hal tersebut tidak mungkin dapat dilakukan tanpa internet.
Dalam kasus ini juga dinyatakan bahwa internet juga mempunyai dampak negatif nya. Meskipun Televisi, Internet dan Video merupakan alat yang efektif untuk mengembangkan kemampuan pemrosesan visual kita, namun penelitian menunjukkan bahwa Televisi, Internet dan Video mengurangi kemampuan kita untuk berpikir secara mendalam dan menyimpan informasi dengan baik.

PERTANYAAN & JAWABAN STUDI KASUS:
1.      Sebutkan beberapa pendapat positif dan pendapat negatif dari penggunaan media digital!
 Pendapat-pendapat Positif yaitu, seperti yang telah diceritakan di atas, dampak positif dari teknologi seperti, kita dapat dengan mudah mencari dan berbagai bermacam sumber informasi yang diperlukan.  
             Menurut pendapat Kenneth C. Laudon dan Jane P. Laudon, dalam bukunya yang berjudul Sistem Informasi Manajemen: Mengelola perusahaan digital edisi ke 10 menyatakan bahwa teknologi tidak hanya dapat mempermudah karyawan dalam menyelesaikan pekerjaannya tetapi juga dapat menghemat biaya yang harus di keluarkan oleh perusahaan. Penggunaan teknologi yang efisien juga dapat menghemat waktu. Selain itu, teknologi juga mempermudah suatu perusahaan untuk mencari informasi mengenai data pribadi calon karyawannya.
            Pendapat-pendapat Negatif yaitu, seperti yang telah diceritakan di atas, Televisi, Internet dan Video mengurangi kemampuan kita untuk berpikir secara mendalam dan menyimpan informasi dengan baik.
            Laudon dalam bukunya juga telah memaparkan beberapa dampak negatif dari teknologi, yaitu seperti:
·         Teknologi informasi telah menimbulkan perilaku baru yang belum di atur oleh undang-undang dan aturan tindakan yang dapat diterima. Teknologi informasi juga membawa banyak perubahan yang menciptakan isu-isu etika yang baru dan unik untuk diperdebatkan.
·         Teknologi internet menjadikan seorang individu tidak memiliki privasi nya lagi. Melalui internet, semua data individu dapat di cari.
·         Industri perfileman dan musik juga dirugikan dengan adanya Teknologi Internet. Masyarakat dapat dengan mudah mendowload film atau video melalui internet secara gratis.
·         Hal ini juga menyebabkan orang tua harus lebih waspada dan memberi perhatian lebih apabila anak-anak mereka membuka situs internet, karena banyaknya situs porno dan situs kekerasan yang dapat merusak moral.
·         Teknologi komputer juga menimbulkan masalah kesehatan seperti Cedera Stress berulang, sindrom penglihatan dan tehnostress.

2.      Bagaimanakah pikiran (otak) dipengaruhui oleh pemakaian/penggunaan media digital secara terus-menerus?
Penggunaan media digital secara terus-menerus dapat menyebabkan pikiran atau kesehatan otak kita terus menurun. Ketika otot kita dipaksa untuk melakukan pekerjaan yang berulang-ulang akan menyebabkan penyakit Cedera Stress berulang.
      Selain itu penyakit sindrom penglihatan juga dapat terjadi, hal ini karena kondisi mata yang tegang disebabkan melihat layarn monitor  komputer untuk waktu yang lama. Penyakit ini biasanya diawali dengan sakit kepala, pandangan kabur, serta mata kering dan iritasi.  
Penyakit tehnostress juga dapat terjadi, gejalanya meliputi mudah marah, perasaan tidak bersahabat kepada orang lain, tidak sabaran dan keletihan. Menurut para ahli, manusia yang bekerja terus-menerus menggunakan komputer akan mengharapkan orang lain untuk berperilaku seperti komputer, seperti memberikan respon yang instan, perhatian dan tidak adanya emosi.

3.      Apakah kamu rasa pendapat ini memberatkan pemakaian/penggunaan media digital? Mengapa atau mengapa tidak?
Ya, menurut saya pendapat di atas merupakan sisi negatif penggunaan media digital. Tetapi walau bagaimanapun penggunaan media digital sekarang ini tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Jadi, kita sendiri lah yang harus pandai-pandai menggunakan media digital tersebut. Mengambil sisi positif dari penggunaan media digital dan meninggalkan atau menghindari semaksimal mungkin sisi-sisi negatif dari media digital tersebut.

4.      Berikan pendapat tambahan untuk penggunaan media digital oleh anak-anak? Apakah seharusnya anak-anak di bawah 8 tahun dapat menggunakan komputer atau telepon?   Mengapa atau mengapa tidak?
Menurut pendapat saya, alangkah lebih baik jika anak-anak di bawah 8 tahun tidak menggunakan media digital, misalnya seperti komputer atau telepon selular. Seperti yang telah diceritakan di atas, komputer dapat menimbulkan penyakit mata, menyebabkan emosi yang tidak stabil dan juga stres. Dan biasanya pada usia demikian anak-anak masih suka meniru apa yang mereka lihat, mereka tidak tahu mana yang baik dan mana yang buruk. Jika dari kecil anak-anak sudah terkena dampak negatif dari media digital maka hal ini sungguh sangat di sayangkan.

No comments:

Post a Comment